Selasa, 15 April 2008

Inovasi dari Internet

(review bab 8, hal 120-141)

Dunia nyata dan dunia cyber memang berbeda. Jika di dunia nyata, seorang arsitek butuh proses yang lumayan panjang untuk membuat sebuah bangunan, dalam konteks digital beragam hal bisa dilakukan dengan cara yang instant. Dalam ruang cyber pun tidak ada sesuatu yang alami. Menurut penulis, hal yang alami dalam ruang cyber adalah orang-orang yang menciptakan dunia itu sendiri.

Meskipun demikian, ruang cyber tetap memiliki karakter-karakter tersendiri. Karakter yang unik terkait dengan kelahiran dari ruang cyber itu sendiri. Dimana arsitekturnya tidak memungkinkan kekuatan apapun untuk mengontrol bagaimana interaksi akan berakhir atau dalam tulisan ini disebut prinsip end-to end, yang memungkinkan siapapun yang memiliki ide baru untuk menjual ide baru tersebut. Dan prinsip ini bisa digunakan dalam level-level yang berbeda.

Pada dasarnya, dalam bab ini, sesungguhnya penulis ingin menunjukan bahwa bagaimana sebenarnya kita telah mendapatkan sesuatu yang baru (internet). Ia berharap dapat membuat hubungan yang instant dari sebuah inovasi untuk merubah kontrol yang disebabkan oleh internet. Intinya, membuat internet menjadi mampu untuk dikontrol.

Menurutnya, internet telah mengeset sebuah protokol. Protokol inilah yang memungkinkan adanya produk digital baru. Dalam tulisannya, penulis memuat beberapa produk yang ada di internet dan hubungannya dengan arsitektur dari sebuah Net.

II. HTML Books

HTML books dibuat oleh Eric Eldred. Eldred adalah seorang programmer. Ia menjadi sadar akan internet di tahun 1980 an. Ketika Web menjadi bersifat on-line, Eldred ingin melihat apa yang dapat terjadi dengan Web ketika ia dikaitkan dengan buku. Akhirnya, muncullah HTML, dimana ia bisa melakukan hal yang tidak bisa dilakukan buku biasa. Penulis HTML dapat menambahkan link (penghubung) untuk menolong pembaca atau menghubungkannya dengan teks lain yang berhubungan.

III. MP3

MP3 adalah nama dari teknologi yang dikompresor. Ini merupakan alat untuk meratakan ukuran dari sebuat rekaman musik digital, dimana ia bisa dipindahkan secara bertahap oleh penggunanya dari internet. Disini, internet dibuat menjadi distributor industri musik.

IV. Film

Film pun mendapat pengaruh serupa berkat internet. Kemunculan internet membuat film berubah menjadi alat digital yang lebih kuat dan relative mahal. Disini, sekarang, kita memasuki tahapan dimana pembuat film bisa meproduksi film dengan teknologi tinggi dalam bentuk digital.

V. Lyric Server dan Kebudayaan Database

Kebudayaan popular sangatlah mahal dan beragam. Ia muncul bertubi-tubi dan membuat otak manusia tidak sanggup untuk menyimpan semuanya. Alhasil, muncullah kebudayaan baru yang membuat manusia mampu menyimpan beragam hal dalam beragam benda, seperti CD dan MP3

VI. New Markets

Internet memungkinkan munculnya beragam pasar baru di dalamnya. Bahkan, pasar untuk sesuatu yang awalnya hanya memiliki sedikit penggemar. Dalam buku ini, dicontohkan bagaimana internet mampu membuka peluang pasar dalam industri puisi.

VII. New Markets of Distribution

Distribusi memiliki difinisi yang lebih luas. Dalam bab ini, penulis memberi beberapa penjelasan, diantaranya muncullah MP3 dan Napster yang memungkinkan untuk data dibagi secara gratis

VIII. New Demand

Internet mempengaruhi konten dan aplikasi yang membuat munculnya permintaan-permintaan. Ini bukan hanya sekedar satu hal yang membedakan internet dengan dunia nyata. Hal yang penting adalah bagaimana internet merubah bagaimana cara manusia belajar untuk tahu apa yang mereka mau dan bagaimana keinginannya ini berubah. Dalam bukunya, penulis mencontohkan boomingnya situs Amazon.com.

IX. New Participation : P2P

P2P adalah sebuah revolusi baru yang hebat dari kemunculan sebuah internet. P2P sendiri merupakan jaringan Peer 2 Peer. Jaringan P2P dapat didifinisikan sebagai satu hal dimana kontennya tidak hanya dilengkapi dengan satu single server yang sentral tapi ia bersifat “peer” dimana mesin dihubungkan melalui sebuah jaringan.

Menurut penulis, ada pelajaran yang sama dalam tiap paparan yang ia berikan. Internet memindahkan ulang rintangan dalam kehidupan nyata ke dunia digital, dimana rintangan yang terbawa dari dunia nyata ini akhirnya membuat individu tidak mampu menyebarluaskan idenya di internet. Sehingga muncullah beragam faktor pendorong yang menimbulkan beragam inovasi terhadap internet itu sendiri. Faktor-faktor tersebut diantaranya

1. Karena terbiasa dengan penggunaan lapisan kode , penghalang menjadi tidak ada

lagi

2. Karena akses pada lapisan psikal murah, pasar bisa dengan cepat mengakses hal ini

3. Karena ada karakter pada lapisan kode, ada kesempatan untuk mengeksploitasi

sumber yang sesungguhnya sangat mahal jika ditemui di dunia nyata, dimana data

misalnya, biasanya disimpan untuk organisasi yang sangat besar.

Desain dari internet memang menyebabkan lemahnya kontrol. Di saat ia muncul, internet memang memberi kebebasan lebih untuk berbicara dan melakukan tindakan pembajakan. Pada dasrnya, penulis ingin menceritakan tentang inovasi dari internet. Bukan tentang kematian inovasi itu. Tapi tentang relokasi dari inovasi tersebut yang menjauhkan perbedaan, medesentralisasikan internet kembali kepada institusi. Penulis percaya perubahan pasti akan terjadi.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If possible gives a last there on my blog, it is about the TV de Plasma, I hope you enjoy. The address is http://tv-de-plasma.blogspot.com. A hug.

nyayuseftioktarianisa mengatakan...

thank you :)
But this blog only for my colledge task
So, i need permittion from my lecture.
I'm sorry
But thank you for your comment

ardi fitra rahman mengatakan...

mampir...