Selasa, 12 Februari 2008

Regulasi Seputar Pendaftaran Hak Cipta (Hasil Bahan Bacaan Agena et.al (hal 242-250))

-maaf....karena informasi ini begitu penting sehingga sulit untuk tidak menjadi sekedar penerjemah-

Aturan Setoran Untuk Pekerja Penerbitan di Amerika Serikat
Walau pendaftaran hak cipta tidak dicantumkan, undang-undang tentang hak cipta di Amerika Serikat menetapkan peraturan setoran (deposito) untuk tiap orang atau organisasi yang bekerja di bidang penerbitan. Setoran ini diberikan pada kantor hak cipta di Amerika Serikat. Ini berlaku selama tiga bulan, berupa dua kopi atau phonorecord (sebutan untuk duplikat barang di denia rekaman) produk yang mereka keluarkan. Hal ini nantinya digunakan untuk keperluan perpustakaan kongres (The Library of Congress) di sana. Ketika pekerja penerbitan yang terkait mengabaikan hal ini, mereka dapat diberi sanksi atau hukuman. Meskipun demikian, hal ini tidak akan mempengaruhi perlindungan terhadap hak cipta yang mereka telah kantongi. Sebenarnya, tidak semua pekerja penerbitan harus memenuhi syarat setoran ini. Ada beberapa kategori tertentu yang mendapat pengecualian.

Penggunaan Perintah Setoran Untuk Kepuasan Keperluan Pendaftaran
Khusus untuk pekerja penerbitan di Amerika Serikat, hukum hak cipta memuat ketetapan dimana setoran mandiri (single deposit) ternyata dapat dibuat untuk memenuhi baik keperluan setoran ataupun untuk registrasi. Untuk itu, ada hal-hal yang harus disertakan ketika melakukan pendaftaran, yakni copi dan phonorecord harus ikut disertakan ketika menyerahkan formulir pendaftaran. Selain itu, ada sejumlah uang tambahan yang harus pula disertakan.

Siapa saja yang Bisa Memiliki Formulir Pendaftaran
Sama seperti pendaftaran pada institusi lain, dalam pendaftaran hak cipta, tidak semua orang bisa mendaftar. Ada ketentuan tertentu siapa saja yang bisa mendaftar sebagai pemilik hak cipta. Berikut orang-orang yang legal mengajukan formulir pendaftaran:
1. Penulis (Author)
Penulis disini diartikan sebagai orang yang menciptakan, membuat dan dibayar atau disewa untuk pekerjaan tersebut.
2. Peng-claim hak cipta (the copyright claimant)
Dalam aturan kantor hak cipta di Amerika Serikat, peng-claim hak cipta dapat didefinisikan sebagai penulis hasil kerja tersebut, organisasi yang diidentifikasikan sebagai pemilik hak ciptaaa sampai hak tersebut dimiliki penulis, ataupun organisasi yang dicantumkan dengan kontrak memiliki hak untuk meng-claim hak cipta produk tersebut.
3. Pemilik hak istimewa
Di dalam payung hukum, hak-hak khusus kepemilikan akan hak cipta dan bagian-bagian yang ada dapat dimiliki, meskipun mungkin hanya terbatas pada dalam suatu waktu dan berlaku pada tempat kejadian tertentu. Pemilik hak cipta ini diperbolehkan mendaftar untuk meng-claim hak cipta akan suatu produk, pekerjaan atau hasil kerja.
4. Agen yang berwenang
Sama seperti penulis, peng-claim hak cipta dan pemilik hak istimewa, agen yang berwenang terhadap produk, pekerjaan atau hasil kerja tertentu pun bisa mengajukan pendaftaran kepemilikan hak cipta.
Syarat khusus tentang adanya pihak ketiga (pengacara) untuk membuat arsip atau berkas mengenai masalah ini tidak dicantumkan.




Formulir Pendaftaran
Formulir pendaftarn hak cipta terbagi dalam klasifikasi kelompok-kelompok tertentu. Ada empat klasifikasi yakni formulir asli, formulir perpanjangan hak cipta, untuk koreksi dan amplifikasi (penguatan), dan untuk kontribusi kelompok secara periodik
1. Formulir pendaftaran asli,
Formulir pendaftaran asli terbagi dalam beberapa jenis meliputi formulir PA, SE, SR, TX, VA, G/DN, formulir pendek/SE dan SE/GROUP, formulir pendek dari TX, PA dan VA, formulir GATT atau GATT dan GATT/GRP. Berikut keterangannya:
a. Formulir PA
Formulir ini untuk semua pekerjaan dan hasil seni, baik yang dipublikasikan ataupun tidak seperti drama dan musik, pantomim dan kreografi, motion picture dan audiovisual.
b. Formulir SE
Formulir ini ditujukan untuk kelompok serial, isu-isu pekerjan, hal-hal yang di disain secara kronikal dan sesuatu yang waktunya tidak bisa kita batasi ( hal-hal yang bersifat periodik, surat kabar, journal, dll)
c. Formulir SR
Formulir ini dibuat untuk pendaftaran hak cipta hasil rekaman suara baik yang dipublikasikan ataupun tidak.
d. Formulir TX
Merupakan formulir yang diperuntukan untuk literatur non drama
e. Formulir VA
Formulir yang diperuntukan untuk hasil seni visual baik yang dipublikasikan ataupun tidak (hasil pekerjaan di bidang arsitektur, grafik, dll)
f. Formulir G/DN
Formulir khusus untuk isu khusus yang berlaku bulanan seperti isu yang dimuat di surat kabar pada kondisi tertentu
g. Formulir Pendek/SE dan SE/GROUP
Formulir khusus yang berlaku untuk pendaftaran tertentu saja
h. Formulir Pendek TX, PA dan VA
Merupakan versi pendek dari formulir registrasi yang telah ada
i. Formulir GATT dan GATT/GRP
Formulir khusus untuk orang-orang yang meng-claim memiliki hak akan hasil cipta tersebut atau organisasi yang terkait dengan pekerjaan tersebut
2. Formulir perpanjangan hak cipta, ada 2 jenis
Formulir perpanjangan hak cipta terbagi dua, yakni formulir RE dan RE Addendum. RE diperuntukan untuk claim hasil cipta yang sudah tercatat sebelumnya dalam hukum sampai 31 Desember 1977 dan terdaftar selama 28 tahun. Selain itu terdapat pula RE Addendum yakni formulir perpanjangan untuk claim hasil cipta yang telah dimuat sebelum munculnya Undang-Undang Copyright tahun 1909 tapi belum pernah di daftarkan selama 28 tahun.
3. Formulir koreksi dan amplifikasi (penguatan)
Formulir ini berguna sebagai formulir pendaftarn tambahan dan berfungsi sebagai penguatan yang diberikan pada kantor hak cipta dari awal registrasi semula. Ia disebut Formulir CA.
4. Formulir kontribusi kelompok secara periodik
Hanya ada satu formulir, yakni formulir GR/CP. Ia aplikasi tambahn yang digunakan untuk pendaftar grup kontributor secara periodik sebagai tambahan formulir asli TX ,PA, dan VA.


Cara memperoleh Formulir Pendaftaran:
Untuk memilikinya, seseorang harus memiliki program Adobe Acrobat Reader. Instal di komputer dan formulirnya dapat di akses lewat internet. Adobe Reader dapat di download secara gratis tanpa bayar dengan masuk ke dalam Adobe Reader Incorporate dengan sambungan internet yang sama dimana formulir itu disediakan. Lalu print satu per satu (halaman kedua secara langsung akan dapat ditemui di bawah halaman pertama). Untuk mendapatkan hasil print yang baik, print tulisan tersebut melalui laser print.

Fill-in Formulir (Formulir Tambahan)
Semua formulir hak cipta yang terdapat dalam Copyright Office Website dalam bentuk fill-in formulir. Masuk ke dalam situs www.copyright.gov/form dan ikuti saja instruksi yang ada. Formulir ini membuat kita tahu informasi tentang pendaftaran hak cipta sementara menunggu Adobe Acrobat Reader bekerja menunjukan formulir. Setelah itu, formulir harus di print dan dikirim ke kantor hak cipta. Fill-in formulir berfungsi sebagai berkas print out kita dan juga berkas untuk kantor hak cipta.

Fees (Bayaran)
Semua pembayaran harus dalam bentuk draf seperti cek, money order, draf bank. Lalu dibayarkan pada Pendaftaran Hak Cipta (Register of Copyright). Pengiriman dalam bentuk tunai tidak diperbolehkan. Mengapa? Karena pengiriman uang tunai terlalu riskan dan beresiko. Draf dapat ditebus tanpa biaya pengiriman melalui institusi Amerika Serikat. Pembayaran harus dengan mata uang dollar dan tercatat dalam American Banking Assosiation. International Money Order dan Pestal Money Order yang ada pada post office tidak diperkenankan. Jika cek yang diterima kantor hak cipta tidak tercatat, kantor hak cipta akan membatalkan registrasi dan pendaftar tidk akan tercantum dalam daftar pemilik hak cipta. Uang tambahan selama proses pendaftaran asli, tambahan ataupun perpanjangan tidak akan dikembalikan kembali, meski pendaftaran pembatalan hak cipta telah dimuat. Berikut keterangan lain tentang pembayaran tersebut:

1. Dana Tambahan dan Pelayanan dapat Dikenakan Pada Pembayaran via Credit Card
Biaya tambahan dalam pembayaran melalui credit card akan dikenai dalam bentuk pembayaran telepon atau pembayaran pada orang-orang di kantor hak cipta, sebagai uang jasa pelayanan. Pembayaran lewat kredit card hanya untuk membayar bentuk pelayanan saja bukan untuk aplikasi tambahan ataupun hal-hal lain yang terkait. Info tentang apa saja yang tidak dikenakan biaya bisa ditanyakan di kantor informasi publik.

2. Bagian Sertifikasi dan Dokumentasi
Pembayaran ini berlaku untuk jasa telepon atau pegawai pada kantor terkait yang membantu melakukan beberapa hal seperti menambah sertifikat, mengkopi dokumen dan setoran, serta menyusun dan mengirimkan kembali sertifikat, setoran dan melakukan proses tambahan lain

3. Kantor Informasi Publik
Pembayaran bisa saja tidak dikenakan pada biaya telepon, hanya pada orang tertentu di kantor informasi publik yang melakukan beragam pekerjaan yang terkait dengan pendaftaran hak cipta. Mulai dari membayar formulir pendaftaran standar, permintaan pelayanan di bagian sertifikasi dan dokumentasi dan juga pelayanan servise secara online.

4. Bagian Referansi dan Bibliografy
Permintaan untuk pencarian baik regular ataupun khusus pun dikenai biaya. Biasanya berupa biaya telepon.

5. Unit Pemeliharaan Rekaman
Biaya tambahan pun juga dikenakan di unit pemeliharaan rekaman. Diantaranya untuk mem-print dan fotokopi

6. Bagian Pengaturan Fiskal
Biaya setoran yang diatur oleh bagian pengaturan fiskal dapat juga dibayarkan melalui credit card. Pencatatan NIE dan data pengakuan dalam formulir GATT dan GATT/GRP dapat dikirimkan melalui credit card jika nomor pada kartu disertakan pada kertas yang terpisah bersamaan dengan formulir.

Pada dasarnya, segala hal tentang pembayaran ini bisa saja berubah. Untuk info lebih lanjut bisa dilihat di www.copyright.gov.

Mencari Rekaman atau Berkas Kantor Hak Cipta
Rekaman atau berkas pendaftaran hak cipta dapat dilihat oleh publik atau masyarakat luas. Untuk memintanya, Kantor hak cipta akan mencoba mencarikan rekaman atau berkas itu untuk anda. Dalam undang-undang hal ini dikenakan biaya 75$ setiap jam atau sedikitnya setiap 1 jam. Sama seperti keterangan yang lain di atas, jika ingin tahu lebih lanjut tentang hal ini silakan menghubungi www.copyright.gov.

Tidak ada komentar: